China
Bangsa China
memiliki kekayaan budaya musical yang telah tumbuh dan berkembang sejak dulu. Pada tahun
1999 ditemukan suling jiahu. Instrument musik tertua di dunia yang terbuat
dariu tulang yang dibuat kira-kira pada 7000 tahun SM.Contoh lainnya adalah sebuah koleksi lonceng, drum, alat
musik tiup, dana alat musik dawai dari perunggu pada makam bangsawan Yi
dari Zeng (abad 5 SM)Bangsa Cina mempercayai suatu tradisi bahwa bunyi nada
yang harmonis merupakankeselarasan alam
semesta. Selama lebih dari 2000 tahun Cina dikuasai oleh pengajaran ahli filsafat Confusius yang
percaya bahwa musik merupakan gambaransosial budaya masyarakat dan
peribadatan suatu totalitas kegiatan terpelajar, meliputi berpikir, bertindak, dan mengatur. Oleh
karena itu, musik merupakan suaut syaratmutlak yang harus dipenuhi
seseorang yang terpelajar untuk berfungsi dengan baik didalam
masyarakat.Sekitar abad ke-19 tradisi musik Cina mulai terpengaruh tradisi
musik Eropa. Merekamulai diperkenalkan instrument musik Barat, orkes simfoni,
dan konser opera Barat.Berbagai gedung
pertujukkan mulai tumbuh di Cina. Sehingga , masuklah bangsaCina dalam
modernisasi musik. Saat ini, musik tradisional Cina dimainkan seiringdengan komposisi modern. Musik kontemporer popular
Cina merupakan hasil perpaduan musik tradisional Cina dengan musik
popular.
Jepang
Musik Jepang
pada zaman dahulu sangat terpengaruh perkembangan musik daridaratan Cina
dan Semenanjung Korea, tetapi lama kelamaan mempunyai sifat dancirri tersendiri. Ragam musiknya
banyak digunakan di kuil-kuil, untuk memuja dewa,di istana, dan untuk hiburan
sosial.Orkes
gagaku
(musik Jepang
masa lampau) telah ada sejak abad ke-8. orkes gagakuterdiri dari 17 musisi yang bermain
instrument tiup kayu, petik, dan perkusi.Instrument tiup meliputi flute(ryuteki),
oboe(hichiriki), dan harmonica mulut (sho).Instrument petik terdiri dari kecapi bengkok(shoko) dan drum
besar(taiko).Sekitar abad ke-15 musik
instrument tunggal, shamisen dan koto menjadi popular khususnya untuk
memberikan iringan lagu dan drama musik. Perkembangan musik drama mencapai
keemasannya pada abad ke-17, dengan format kabuki dari musik teater
tradisional jepang.Adanta restorasi Meiji
pada pertengahan abad ke-18 membuat pengaruh Barat mulaimasuk dalam
perkembangan musik Jepang. Banyak format musik tradisonal Jepangdikembangkan
berdasarkan format musik barat, sehingga Jepang telah memasuki perkembangan
musik modern.
India
Perkembangan musik India dimulai
kira-kira semenjak abad ke-2 SM. Bangsa Aryayang berimigrasi ke India mempunyai
pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan musik di India. Musik bagi
bangsa India mempunyai arti tersendiri,yang sangat besar pengaruhnya pada
magis, religius, kesusastraan, ilmu, dan senilainnya. Musik India adalah suatu
mozaik dari gaya yang berbeda dan mencerminkantingkat sosial yang berbeda pula.
Musik klasik banyak dipertunjukkan di kota-kotauntuk pertimbangan artistic.
Sedangkan musik rakyat banyak ditampilkan di pedesaanmenemani jalan kehidupan
dan upacara agrikultur.
Arab
Musik tradisi Arab diyakini telah
ada sejak awal abad ke-3. Budaya musiknyamerupakan perpaduan dari tradisi musik
dinasti Sassanid di Persia (224-641), tradisimusik awal kerajaan Byzantium
(awal abad ke-4- abad ke-6), dan nyanyian religi daridaerah semenanjung
Arab.Berbagai tulisan musik (partitur) baru di temukan setelah berkembangnya
agamaIslam di Arab, yakni sejak masa dinasti Umayyah pada abad ke-7.
puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Harun al Rasyid (766-809) di
Bagdad, Irak.Beliau dikenal sebagai pelindung seni musik tradisi Arab. Ahli
teori musik yangterkenal adalah Al Farabi (900-950) dan Avicenna
(980-1037).Musik bagi bangsa Arab erat hubungannya dengan magis dan falakiah.
Meskipuntradisi musik Arab telah mengalami perubahan beribu-ribu tahun lamanya,
merekatetap memiliki cirri khas tersendiri dalam format musiknya.Jenis musik:
a. Negara Cina
Menurut perkembangannya, musik Cina
dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitumusik tradisional dan musik modern.
•
Musik Tradisional
Musik tradisional Cina secara
mayoritas mempergunakan bahasa Cina,meliputi nyanyian rakyat, nyanyian
bercerita, dan opera. Terdapat lebih dari400 opera local dan 300 nyanyian
bercerita yang dipengaruhi oleh budayalocal. Berbagai ragam musik tradisional
kerakyatan, seperti nyanyiankepahlawanan, cinta, kerja, anak-anak, dan religius
menjadi bagian darikehidupan sehari-hari yang terintegrasi ke dalam aktivitas
sosial, seperti perkawinan, pemakaman, pemujaan, upacara religius,
festival, dan perayaanlainnya.
•
Musik Modern
Pada permulaan abad ke-19, pengaruh
musik Eropa mulai masuk. WesternStyle Conversatories didirikan pada tahiun
1920, dengan tujuan untuk melestarikan musik Cina dan musik Eropa. Mereka
menyediakan progammusik Cina dan Barat baik tradisional maupun modern, dengan
memadukaninstrument musik, tehnik bernyanyi, gaya tradisional, dan estetika ke
dalamharmoni dan orkestrasi. Musik Cina modern tetap menjaga
karakteristik bangsa Cina dengan mempertahankan instrumen
tradisional mereka ke dalam permainan musiknya.
b. Negara Jepang
Musik Jepang dapat dikelompokkan
dalam dua katagori, yaitu:
•
Musik Tradisional
Musik tradisional Jepang pada
umumnya berbentuk musik festival religius,nyanyian bekerja, dan pengiring
tarian. Pertujukkan rakyat, seperti tarian bertopeng, teater rakyat dan
tarian rakyat merupakan bagian tak terpisahkandalam musik tradisional.
•
Musik Modern
Musik modern jepang dimulai pada
tahun 1867, setelah Matsuhito Meijimenjadi kaisar Jepang. Satu guru yang
bertanggung jawab untuk mengenalkangaya musik Eropa adalah Suzuki Shin’Ichi. Beliau
menemukan metode pengajaran biola untuk anak-anak yang diadopsi dari
sekolah musik diAmerika Serikat.
c. Negara India
•
Musik Klasik
Musik klasik India dapat diketahui
dari dokumen Natya Sastra, suatu risalahdrama berbahasa sansekerta yang ditulis
kira-kira abad ke dua SM. Terdapat 2tradisi klasik, yaitu Hindustani di India
Utara dan Karnatik di India Selatan.Pembedaan tradisi ini terjadi mulai abad ke
16 sebagai hasil pengaruh orangIslam di India Utara.
•
Musik Rakyat dan Populer
Sekitar 75% populasi India hidup di
desa. Di sini tradisi tetap bertahan dan banyak orang terbebas dari
pengaruh nyanyian modern. Mereka menikmatidan bermain musik dari daftar
lagu-lagu yang mandiri. Nyanyian para wanita banyak digunakan pada acara
perkawinan, kelahiran bayi, festival Agrikultur,dan aktifitas rumah tangga.
Nyanyian laki-laki sering diiringi denganinstrument perkusi dan berhubungan
dengan praktek yang bersifat kebaktian,festival tertentu, dan bekerja. Khusus
musisi daerah, kebanyakanmelaksanakan pertunjukkan untuk upacara agama,
kebaktian, pendidikan, dan pertunjukkan. Yang termasuk mereka ini
diantaranya adalah para imam, penghibur, tukang cerita, dan rombongan
teater. Peran penghibur lama-kelamaan terkikis oleh adanya film musik, yang
sangat berpengaruh pada perkembangan musik di India. Terutama film-film
musik yang didukung olehorkes studio besar yang memanfaatkan musik klasik,
musik rakyat, daninstrument barat. Ini membuat musik dari film atau soundtrack
tersebutmenjadi musik populer.
d. Negara Arab
•
Nyanyian Religi
Menurut sejarahnya, cara musik arab
erat hubungannya dengan nyanyian ayat-ayat suci dalam Al-Qur’an. Dalam hal ini,
nyanyian tersebut merupakan isidari firman Tuhan yang dilantunkan dengan
hafalan. Sehingga, perhatianutama dalam nyanyian tersebut adalah teks lagu.
Kefasihan berpidato danmenghafal Al-qur’an sangat diperhatikan dalam budaya
Arab. Karenanya,mulai dibentuk nyanyian Kasidah dengan berbagai tema seperti
keindahanalam, peristiwa politik, pengalaman religius, dan cerita tradisi klasik
pra-islam.
•
Musik Rakyat
Banyak musik tradisi rakyat yang
dapat ditemukan di sepanjang daerah Arab.Musik Negara-negara jazirah Arab yang
kaya dengan permainan drum,menunjukkan hubungannya yang luasdengan pedagang
dari Afrika. TradisiGnawa dari Moroko, mengambil nama dari para budak Guinean
yang dibawake Maroko dari Afrika Barat. Musik Nubian di Mesir menggambarkan
musik Arab yang unik dengan sistem nada pentatonic dan irama khusus.
•
Nyanyian popular
Musik Arab Populer merupakan
perpaduan dari kedua ragam musik di atas.Keyboard elektrik yang disesuaikan
dengan maqamat mengiringi para penyanyi di dalam penampilannya. Drum dan
irama musik rakyat menjadi bagian paling pokok dalam pertunjukkan musik
yang sebagian besar dilakukan oleh kaum muda. Dalam hal lirik lagu,
penyanyi berusaha untuk mempertahankan tradisi mereka sesuai dengan gaya
dan bahasanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar